Anita Loeki berpose di depan logo GAIA
Dok. Hitsssdotcom

H: Apa trik pemasaran bisnis yang diterapkan? Apakah menjual produk secara online saja, atau berniat membuka toko fisik juga?

AL: Saat ini kami sudah merambah pasar modern dengan membuka counter di apotik (drug stores), department stores dan online marketplace.

H: Apakah pencapaian terbaik dari bisnis yang dijalani sejauh ini, terutama dari segi omset dan keuntungan?

AL: Dari waktu yang cukup singkat, kira-kira selama 4 tahun terakhir, kami dapat menyimpulkan bahwa produk yang baik dapat dengan cepat membawa naik usaha, tetapi pelayanan yang buruk dan pengiriman produk yang kurang sigap juga langsung berdampak negatif. Oleh karena itu, selama setahun terakhir ini, kami lebih banyak melakukan pembenahan internal guna mempersiapkan diri untuk the next big thing.

H: Apakah tantangan yang anda hadapi sejauh ini, terutama dalam menghadapi persaingan dengan industri kosmetika lokal?

AL: Peraturan dari pemerintah yang diciptakan dengan tujuan baik, kadang membuat kinerja di lapangan turun sehingga kami menjadi terlambat dalam menghadapi produk luar negeri yang lebih sigap. Lebih lanjut, dengan berkembangnya bisnis kosmetik nusantara, saat ini banyak juga artis, pengusaha kecil maupun kakap, blogger dan influencer yang memulai usaha kosmetik, sehingga persaingan menjadi lebih ketat.

H: Apakah rencana dan harapan untuk pengembangan bisnis di masa depan?

AL: 2 hal yang akan kami fokuskan yaitu perkembangan pemasaran melalui kerja sama dengan influencers dan media online, dan di sisi lainnya adalah untuk streamline operations sehingga ada efisiensi dan cohesiveness dengan marketing effort. (AW)