Intip bagaimana Founder dan Creative Director Mineral Botanica Anita Loeki berjuang membangun bisnis kosmetika di Indonesia.

Anita Loeki adalah sosok perempuan yang telah mengembangkan Mineral Botanica, sebuah perusahaan kosmetika di Indonesia, sejak tahun 2014. Awalnya, Anita ditugaskan oleh orangtuanya untuk melanjutkan usaha keluarga dalam bidang maklon kosmetika, yang sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun.

Berbekal pengalaman sebagai akuntan selama 10 tahun di Los Angeles, Amerika Serikat, Anita pun kembali ke Indonesia, dan dalam jangka waktu tiga tahun kemudian ia berhasil memodernisasi pabrik tersebut, meskipun menghadapi berbagai kendala. Bersama dengan suaminya, Widy Susindra, Anita kemudian mendirikan Mineral Botanica untuk membuat brand image yang berbeda. Penasaran bagaimana Anita membangin bisnisnya? Simak perbincangan lebih lanjut Hitsss dengan Anita berikut.

Hitsss.com (H): Bagaimana awalnya ide bisnis kosmetika bisa muncul, dan kisahnya membangun bisnis ini dari awal?

Anita Loeki (AL): Dari awalnya, kami ditugaskan oleh bapak saya untuk melanjutkan usaha keluarga dalam bidang maklon kosmetik yang sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun. Waktu itu, ketika kami baru saja kembali dari Amerika Serikat, ini menjadi tantangan yang cukup berat, karena banyak sekali perubahan yang harus dilakukan untuk memodernisasi pabrik.

Dalam waktu 3 tahun, pabrik mulai beroperasi dengan baik, dan kami perhatikan ada beberapa masalah dengan model bisnis contract manufacturing yang sangat bergantung pada pelanggan. Dibekali dengan pabrik yang sudah mempunyai beberapa formula unggulan, kami memberanikan diri untuk mencoba membuat brand sebagai legacy.

H: Bisa cerita latar belakang pendidikan dan riwayat pekerjaan sebelum memulai bisnis?

AL: Latar belakang pendidikan saya adalah akuntansi, dan sebelumnya saya telah bekerja selama 10 tahun sebagai akuntan, sedangkan suami saya memang sebelumnya telah berusaha sendiri di bidang penjualan retail dan online jins premium. Dari segi operasional dan pemasaran, memang banyak batu loncatan yang harus kami langkahi.

Selanjutnya: Apa yang membuat Mineral Botanica berbeda dari merek kosmetik lain?