Andra Alodita, awalnya adalah seorang fotografer yang kemudian juga dikenal sebagai salah satu content creator di Indonesia. Ibu satu anak ini memulai profesinya karena selalu merasa tertarik dengan dunia seni.

Wanita cantik yang mulai menulis blog pada 2008 ini pernah memenangkan beberapa penghargaan. Seperti pada tahun 2015 ia memenangkan “The Inspiring Woman” dari Wardah, “20 Indonesia’s Beautiful Woman Of 2014” oleh majalah HighEnd pada tahun 2015. Kemudian ia juga memenangkan “Artsy Mom” dari 90.4 Cosmopolitan FM pada tahun 2018.

Pada masa kecilnya, ia pernah mengikuti beberapa kegiatan berbau seni seperti musik, tari, lukis dan memasak. Namun, akhirnya jalan yang ia pilih adalah dunia fotografi dengan berbekal kamera digital yang diberikan ibunya ketika ia duduk di bangku SMA.

Belajar Fotografi Secara Otodidak

Dengan bermodalkan kamera tersebut, ia mulai terjun belajar fotografi secara otodidak. Karena menurutnya, ia akan lebih cepat untuk belajar dari pengalaman sendiri. Berkat ketekunannya ini, kini ia menjadi salah satu brand ambassador untuk salah satu merek kamera terkenal yaitu Sony.

Awal masa kariernya, Andra pernah diremehkan karena berdandan feminin. Hal itu lebih dikarenakan dunia fotografi mayoritas digeluti oleh kaum pria. Namun, hal tersebut tak menyurutkan semangatnya untuk terus berkarya. Hingga ia merasa bersyukur bisa menjadi salah satu orang yang memiliki pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan bakat. Hal ini tentunya menjadi banyak orang. Karena tidak semua orang bisa punya kesempatan seperti itu.

Pada tahun 2014 ia sempat beristirahat dari dunia fotografi karena masalah kesehatannya. Sejak saat itu, karena harus beristirahat ia mencoba untuk kembali menulis di blognya yang telah lama ia tinggalkan. Kini blog Alodita.com telah menjadi proyek utamanya. Blog yang berisikan tentang kecantikan, kesehatan, perjalanan dan konten makanan ini telah meraih pageview 650.000 perbulan sejak Februari 2015.

Next: Passion dan Profesionalisme dalam Bekerja