Dari sebelumnya jaringan ritel Alfamart terintegrasi secara online, kini Alfacart bertransformasi menjadi marketplace yang terbuka pada pelaku UKM.

Platform marketplace dan ecommerce semakin menjamur di era digital, dan peluang ini tak ketinggalan digarap oleh jaringan ritel Alfamart, dengan meluncurkan Alfacart.com, beberapa waktu lalu.

Dan situs ecommerce Alfacart belum lama berlalu, mengumumkan kampanyenya yang berdedikasi pada tiga hal pokok. Fokus utama ialah pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM), melalui pendekatan bisnis, pendidikan kewirausahaan, dan kepedulian lingkungan.

Chief Operating Oficer (COO) dan Chief Marketing Officer (CMO) Alfacart, Haryo Suryo Putro, menyebutkan bahwa rebranding dari sebelumnya AlfaOnline ke Alfacart, merupakan bentuk transformasi untuk menjadi marketplace, seperti dilansir oleh Metrotvnews.com. Transformasi ini dinilai merupakan bentuk dukungan Alfacart, terhadap pemberdayaan UKM lokal dari dalam negeri.

Dalam hal ini, Alfacart memberikan kesempatan kepada UKM dalam negeri untuk menjual dan mempromosikan produknya. Namun, tidak menutup kemungkinan Alfacart juga akan memberikan kesempatan kepada penjual di luar Indonesia, untuk bergabung bersama Alfacart.

Dalam waktu dekat, para UKM yang telah bergabung akan dapat menjual produknya. Namun demikian, Haryo belum mengungkapkan berapa jumlah UKM yang telah bergabung hingga saat ini. Alasannya, terlalu dini untuk mengungkapkannya, sebab program ini baru berjalan dalam hitungan bulan saja.

Saat disinggung soal pemain marketplace yang telah lebih dahulu berdiri, Haryo mengatakan hal ini menjadi penyemangat Alfacart menjalankan bisnisnya. Menurut Haryo, pelaku usaha sejenis tersebut merupakan rekan bisnis, karena turut mengedukasi masyarakat, untuk dapat lebih menumbuhkan kepercayaan bertransaksi online.

Untuk saat ini, Haryo menjelaskan bahwa Alfacart masih fokus untuk mengedukasi dan mempromosikan Alfacart, ke pasar yang lebih luas. Salah satunya dengan menyosialisasikan Alfacart melalui program Store Competition di toko-toko Alfamart. (CM/DI)