Ingin menuntut ilmu di luar negeri, namun tak tahu ada program beasiswa apa saja yang bisa memfasilitasi? Coba simak ulasan dan rekomendasi Hitsss berikut, tentang beasiswa luar negeri yang layak kamu coba.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sejumlah kampus di negara-negara maju, seperti Inggris, Amerika, Jerman, Jepang, dan beberapa negara maju lainnya, selalu menjadi magnet bagi para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka.

Selain memiliki sistem pendidikan serta kualitas pengajar terbaik, para lulusannya terbukti sukses dan telah berkiprah di berbagai bidang di seantero dunia.

Dan saat ini, menimba ilmu di kampus negara-negara maju tersebut bukan menjadi hal mustahil lagi. Sebab kini, sudah banyak tersedia program beasiswa yang memberi fasilitas lengkap serta kemudahan bagi para kaum pelajar muda.

Hitsss merangkum delapan program beasiswa belajar ke luar negeri yang layak kamu coba. Yuk, simak! Semoga bermanfaat, ya!

1. Beasiswa Fulbright

Dok. fulbright
Dok. Fulbright

Beasiswa global ini diberikan pemerintah Amerika Serikat (AS). Setiap tahunnya mereka memberikan sekitar 7500 beasiswa kepada mahasiswa dari 155 negara lain di luar AS.

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Sampai saat ini, lebih dari 300 ribu mahasiswa mancanegara telah tercatat sebagai alumni penerima beasiswa Fullbright.

Di Indonesia, pemberian beasiswa Fullbright diatur oleh AMINEF, sebagai lembaga yang mengatur kerja sama pertukaran pelajar AS dengan Indonesia. Pelajar dapat memilih jenis beasiswa Fullbright yang sesuai, seperti Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, dan beberapa jenis beasiswa lainnya.

Mereka juga dapat memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan. Tersedia beragam kampus ternama dan berkualitas di AS yang dapat dipilih. Para penerima beasiswa Fullbright akan mendapatkan biaya kuliah, tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat dan asuransi kesehatan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat mengunjungi situs aminef.or.id.

Baca halaman selanjutnya: Beasiswa Erasmus Mundus…