Sebagai content creator, tentu kamu ingin kontenmu dilihat dan dibagikan banyak orang serta menjadi viral di media sosial. Ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten yang viral.

Kamu sudah melakukan berbagai cara tapi tetap saja kontenmu sulit viral? Kemudian kamu menemukan konten lain di luar sana yang tidak berkualitas tapi mudah viral. Lantas kamu berpikir bahwa konten positif sulit viral. Itu tidak sepenuhnya benar. Konten positif yang berkualitas tetap punya potensi untuk menjadi viral. Hanya saja banyak hal yang perlu kamu cermati.

Memang tidak ada formula ajaib untuk menjadi viral. Tapi Buzzsumo, sebuah perusahaan brandwatch menyoroti 1 miliar artikel dan mencoba menguraikan karakteristik dari konten yang viral. Berikut ini 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kontenmu menjadi viral.

1. Kontroversial

Kontroversi memang berisiko, tapi itu bisa mendapat banyak perhatian orang. Memang kemungkinan memposting sesuatu yang kontroversi bisa memecah belah, karena orang akan memposting pandangan yang dirasa sesuai dengan mereka. Lihat saja postingan Donald Trump, banyak yang viral karena penuh kontroversi.

2. Kejutkan Pembaca (dengan fakta dan foto)

Orang-orang suka membagikan konten yang berisi fakta atau foto yang mengejutkan.┬áMereka suka membagikan tren dan penelitian terbaru, terutama jika penelitan itu menantang persepsi mereka. Contohnya artikel dan video di Evening Standard yang berjudul “Drinking three glasses of champagne ‘could help prevent dementia and Alzheimer’s disease”. Konten tersebut membuka sudut pandangan baru tentang champagne yang ternyata bisa mencegah Alzheimer. Karena itu tak heran konten tersebut telah dibagikan hingga 938.000 kali.

Next: Rahasia tentang cinta dan kencan