Mengetahui jumlah dana yang diperlukan

Perkiraan alokasi pendanaan harus dibuat dengan angka yang sejelas mungkin, termasuk untuk biaya-biaya tak terduga. Dengan membongkar rencana alokasi keuangan, maka kamu sedang mengikat kepercayaan dengan para pemberi dana.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui kemana saja aliran dana yang akan dikeluarkan. Jika dana yang didapatkan melebihi dari yang dibutuhkan, maka yang kamu perlukan adalah ‘give back’ kepada pemberi dana.

Salah satu caranya dengan melebarkan goal dari startup kamu. Namun perlu diperhatikan, mana kala memberikan risiko untuk mengubah produk atau visi yang telah kamu miliki. Memberikan konsumen atau pengguna tawaran-tawaran menarik, seperti diskon atau cash back, juga dapat menjadi cara lainnya.

Kreativitas imbalan

Gunakan kreativitasmu dalam memberikan reward kepada pemberi dana, misalnya dengan menyertakan nama-nama mereka dalam media yang terpublikasi di hadapan masyarakat luas. Memberikan imbalan dalam bentuk yang kreatif dan tidak dapat diperoleh dengan uang, akan membuat mereka akan memberikan investasi dalam jumlah besar.

Temukan pemberi dana pertama

Saat telah memasuki masa fundraising, memberikan reward kepada seseorang yang pertama kali melakukan investasi, merupakan penghargaan tersendiri baginya. Kamu juga dapat meminta feedback terkait produkmu. Selain itu, dengan menyebarluaskan komentar dari pemberi dana yang pertama, maka secara tidak langsung akan menggugah orang lain untuk turut serta berinvestasi.

Baca halaman selanjutnya: sebarkan konten video…