Lulus kuliah lalu langsung mendapatkan pekerjaan? Sungguh menyenangkan. Gaji pertama pun siap masuk rekening. Berbagai rencana tentu sudah disiapkan. Namun pastikan kamu tetap memiliki gaya hidup cerdas, agar penghasilan kamu tak sekedar lewat begitu saja.

Bagi kamu seorang fresh graduate yang baru mulai bekerja dengan gaji terbatas tidaklah mudah. Gelora keinginan untuk memanfaatkan uang gaji untuk mewujudkan berbagai keinginanmu sangat tinggi. Entah untuk pembelian gadget baru, fashion atau sekedar hang out bersama teman dan kerabat.

Namun sebagai anak muda yang cerdas dan kreatif, tentunya kamu harus bisa mengelola keuangan serta menerapkan gaya hidup yang hemat. Ini penting agar penghasilan kamu tak sekedar numpang lewat alias tak memiliki tabungan.

Padahal dengan memiliki dana cadangan atau uang simpanan, tentu akan sangat berguna saat kamu ingin terjun menggeluti bisnis atau mencari peluang usaha lainnya. Bisa juga mewujudkan impianmu untuk jalan-jalan ke mancanegara.

Jika kamu ingin mewujudkan itu semua, maka ada beberapa cara cerdas yang dapat kamu lakukan. Hitsss merangkumnya untuk kamu. Yuk simak.

1. Cari alternatif pengeluaran yang paling hemat

Via gudanginspirasi.com
Via gudanginspirasi.com

Kalau biasanya kamu terbiasa naik taksi, mungkin ada baiknya untuk mencari alternatif lain yang lebih murah, misalnya ojek online atau nebeng teman. Saat istirahat jangan makan di luar kantor, boleh sesekali. Tapi alangkah baiknya membawa bekal makanan dari rumah. Selain sehat dan bersih, juga mampu menghemat pengeluaran.

 

2. Buat daftar rencana apa saja yang ingin kamu wujudkan

Via mamahmuda.com
Via mamahmuda.com

Supaya lebih termotivasi, buat daftar impian apa saja yang ingin kamu wujudkan. Hal ini tak hanya akan mendorongmu untuk mengelola uang, namun juga membantumu menentukan prioritas impian mana yang paling bisa dikejar dalam waktu dekat.

Baca halaman berikutnya: Kontrol pengeluaran…