Bermain game ternyata tak hanya pada perangkat komputer atau laptop saja yang asik, tapi juga pengguna smartphone. Berikut Hitsss merangkum hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam membeli smartphone untuk gaming.

Game kini tak hanya terbatas pada komputer atau laptop saja. Seiring perkembangan teknologi smartphone, aplikasi game menarik untuk dimainkan pada smartphone menjadikan banyak developer yang membuat game untuk smartphone. Smartphone dengan kualitas gaming memang salah satu perangkat portable yang dapat menemani kebosanan kamu.

Tapi, kamu perlu tahu untuk memainkan beragam game terbaru dengan kualitas gambar terbaik membutuhkan smartphone dengan kualitas dan performa yang bagus pula. Tentu saja sama seperti komputer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti RAM dan prosesor pada smartphone.

Berikut ini 6 tip khusus yang perlu kamu diketahui saat membeli smartphone untuk keperluan bermain game. Simak ulasannya.

1. OS Android versi terbaru

TechnoRaja/AndroidNougat
TechnoRaja/AndroidNougat

Agar mendukung dengan beragam game terbaru, usahakan untuk tidak memilih smartphone ber OS jadul. Usahakan smartphone yang akan kamu pilih memiliki sistem operasional Android terbaru. Pada saat ini agar dapat menjalankan game terbaru, OS Android Jelly Bean menjadi syarat minimum menjadikan smartphone sebagai perangkat gaming.

Tentu saja hal ini juga menjadi cukup penting, karena sistem operasi yang tergolong jadul akan membuat game tidak kompatibel dan tidak dapat di install. Jadi coba pastikan smartphone tersebut sudah menggunakan OS terbaru.

2. Kapasitas RAM harus besar

AndroidCentral/RAM
AndroidCentral/RAM

Tip beli Android untuk game berikutnya adalah RAM. RAM (Random Acces Memory) memiliki peran sangat penting dalam smartphone gaming. Karena sebelum data diolah ke dalam prosesor dan GPU, terlebih dulu di simpan ke dalam RAM.

Demi kenyamanan bermain game, RAM yang dibenamkan untuk smartphone era sekarang minimal 2 GB tapi sangat disarankan untuk kamu memakai yang RAM 3 GB. RAM ini memengaruhi game akan lag atau tidak, dan ukuran RAM juga menentukan performa dari game yang kita mainkan. Semakin besar RAM dari smartphone yang kamu miliki, performa dari game yang ditampilkan akan bagus dan lancar.

Jadi usahakan memilih smartphone dengan RAM minimal di atas 1 GB, semakin besar RAM yang terdapat pada smartphone maka kualitas gaming juga akan lebih baik dan sempurna.

Baca halaman selanjutnya : Baterai smartphone yang awet…