Orang memulai langkah untuk mencapai kemapanan dan meraih kenyamanan dalam hidup, bisa dibilang rata-rata pada usia 30-40 tahun. Padahal, sukses tidak harus menunggu hingga usia tua atau matang. Sejak umur 20an pun, kita juga juga bisa menggapainya.

Semua orang di dunia ini pasti ingin sukses. Tidak hanya membuat diri kita sejahtera dengan harta berlimpah, tapi juga memiliki kesempatan untuk berbagi dan membantu orang lain. Namun satu hal yang perlu diketahui, kesuksesan bisa diraih karena pengaruh waktu.

Ketika kita semakin awal memulai karier atau bisnis yang tepat, maka akan semakin cepat pula peluang kita untuk meraih kesuksesan. Dan jika sukses bisa diraih sejak usia muda, mengapa harus menunggu usia 30 atau 40 tahun untuk baru mulai memikirkan langkah-langkahnya?

Dan kenapa sebaiknya dimulai di usia 20an? Sebab usia itu, merupakan usia kematangan cukup, dan secara fisik berada dalam kondisi bagus untuk melakukannya. Ini menjadi fase penting bagi perjalanan hidup seseorang, di mana setiap keputusan dan kebiasaan yang dilakukan, biasanya mempengaruhi perilaku dan kebiasaan di masa depan.

Sekarang pertanyaannya, apa yang mesti dilakukan agar bisa sukses di usia 20an? Simak ulasan Hitsss berikut ini.

Punya mimpi besar

Meski kamu sudah banyak mendengar orang mengatakan hal ini, hingga mungkin terdengar klise, namun tetaplah bermimpi. Orang sukses bisa meraih kesuksesan, karena berawal dari mimpi yang besar. Namun jangan hanya jadi bayangan saja, coba tuliskan pada sebuah catatan atau buku. Buatlah secara rinci dan sejelas mungkin dalam tulisan itu, apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup, dan bagaimana langkah-langkah meraihnya untuk mencapai sukses.

Ubah kebiasaan buruk

Mulailah untuk tidur malam dan bangun pagi dengan waktu konsisten. Karena waktu tidur yang tidak konsisten, biasanya akan membuatmu tidak bergairah saat bangun pagi. Selain itu, cobalah untuk berolah raga dengan rutin. Ketika usia mulai meebihi 25 tahun, biasanya otot-otot dalam tubuh akan melemah dan itu akan berpengaruh pada pergerakan tubuh dalam bekerja.

Tingkatkan kompetensimu

Tingkatkan kompetensi dirimu, dengan aneka kemampuan yang berguna sebagai profesional. Kamu bisa memilih pendidikan yang sesuai dengan passion kamu. Orang yang sukses adalah orang yang bisa menggali hal yang paling mereka suka dalam hidupnya. Jika kamu menempuh pendidikan yang sesuai dengan passion, kamu akan mendapat bekal yang sangat berharga saat kamu terjun ke dalam usahamu.

Mulailah menyimpan uang

Bangun kebiasaan untuk menabung sebisa mungkin. Jika kamu masih mendapat uang saku dari orang tuamu atau sudah mendapat gaji sendiri, usahakan untuk menabung setidaknya seperempatnya setiap bulannya. Daripada menggunakan 25 % dari uang saku atau gaji tersebut untuk keperluan pribadi seperti traveling, belanja, dan sebagainya, ada baiknya mulai berdisiplin menyimpan yang. Tabungan itu akan sangat berguna untuk mulai membangun mimpimu, apapun itu.

Berhenti membandingkan

Saat kamu meihat beberapa temanmu berhasil, dan kamu merasa tidak sanggup untuk melakukan apa yang kamu ingin usahakan, berdamailah dahulu dengan diri sendiri. Jangan banding-bandingkan dirimu dengan mereka, karena kamu punya cara sendiri untuk mencapai kesuksesanmu. Jadikan mereka sebagai mentor yang dapat memberimu pengetahuan baru dari pengaaman mereka.

Ambil langkah nyata

Jangan tunda-tunda lagi mimpi tentang pekerjaan atau bisnis yang akan kamu buat. Segera mulai eksekusi dan buka pintu keberhasilanmu yang baru. Karena bisa jadi bukan kamu saja yang ingin memulai usaha untuk sukses, jadi jangan terlambat untuk mengambil tindakan terbaikmu. (ERI)