Momen Hari Batik Nasional gaungnya masih terasa. Berikut 6 fakta penting keberadaan batik sebagai warisan dunia dari Indonesia. Simak ulasannya.

Pemerintah RI telah menerbitkan Keputusan Presiden No. 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 2 Oktober. Tanggal tersebut mengacu pada pengukuhan badan dunia UNESCO yang memasukkan batik Indonesia dalam daftar warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi.

Di dalam situs resmi UNESCO tertulis bahwa batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah. Berikut 6 fakta yang perlu kamu ketahui tentang batik Indonesia yang memiliki nilai budaya tinggi di mata dunia. Simak ulasannya lebih jauh.

1. Batik menggambarkan harmonisasi dan keseimbangan hidup

Via Serempak
Via Serempak

 

Di balik goresan karya seni visual batik yang indah terselip filosofi harmonisasi dan keseimbangan hidup.  Pembatik menggoreskan cantingnya secara terus-menerus untuk memenuhi ruang kosong pada kain; mengisi kehampaan dengan kreasi seni pada dimensi lukisannya.

Baca halaman selanjutnya: Visualisasi batik yang dinamis…