Berelasi diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk orang yang pemalu. Ini cara networking untuk orang yang pemalu. 

Membangun relasi atau networking sangatlah penting, apa pun profesi dan pekerjaanmu. Lantas bagaimana jika kamu orang yang pemalu? Dalam bekerja, bukan hanya keterampilan yang terpenting. Begitu pun dalam berbisnis, bukan hanya kemampuan berjualan yang diperlukan.

Dalam bekerja dan berbisnis, membangun relasi menjadi poin yang penting. Bahkan berelasi juga sangat penting ketika kamu belum punya pekerjaan dan belum punya bisnis. Karena dari networking itulah justru kamu bisa saja menemukan pekerjaan impian, partner bisnis yang potensial, kolaborasi project yang menguntungkan, hingga pasangan hidup yang cocok!

Pemalu berbeda dengan introvert, ya. Kamu bisa baca perbedaannya di sini. Jika kamu termasuk orang yang pemalu bagaimana caranya membangun relasi?

1. Ajak teman

Ini adalah cara yang cukup efektif. Jika kamu tertarik sekali ingin menghadiri sebuah event, tapi kamu merasa malu untuk berkenalan dengan orang-orang yang hadir di sana, ajaklah temanmu. Sebisa mungkin temanmu ini adalah orang yang tidak pemalu juga. Berteman dengan orang yang percaya diri, berani dan aktif akan menularkan hal yang sama terhadapmu. Paling tidak jika kamu tidak berani memulai perkenalan dengan orang baru, temanmu ini yang akan membantumu.

2. Cari orang yang paling kamu kenal

Mungkin kamu kenal dengan pembicara di acara seminar tersebut, atau kamu kenal dengan penyelenggara acaranya. Kamu bisa memulai percakapan dengan mereka terlebih dulu. Ketika kamu memulai percakapan dengan mereka, akan lebih mudah bagimu untuk mengenal orang-orang lain yang ada di sana. Orang yang kamu kenal tersebut tentunya akan membantumu untuk mengenalkan dirimu kepada yang lainnya. Sehingga kamu cukup terbantu tanpa harus menjelaskan tentang dirimu kepada orang baru.

Next: Mulai dari yang terdekat