Ingin buka usaha namun masih ragu? Jangan berkecil hati. Banyak kok peluang usaha yang bisa kamu kembangkan, asal yakin dan percaya diri. Namun demikian, untuk sukses dalam berbisnis dibutuhkan pemahaman dalam serta mental kuat. Berikut suka-duka yang dijalani pengusaha saat memulai bisnisnya.  

Menjadi pengusaha atau pebisnis tak susah, karena kesempatan dan peluang bisnis selalu terbuka lebar di hadapan kamu. Yang utama adalah keuletan, keberanian dan semangat pantang mundur adalah bahan bakar bisnis kamu.

Namun sebelum melangkah, ada baiknya kamu memahami suka dan duka yang akan dijalani pengusaha saat mulai merintis usahanya. Sehingga ke depannya kamu lebih siap. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Modal seadanya

Via bisnisukm.com
Via bisnisukm.com

Di awal berbisnis, kamu pasti dihadapkan pada persoalan modal. Modal adalah hal mendasar dari memulainya suatu bisnis. Modal bisa dari tabungan yang kamu kumpulkan dari jaman kuliah, akhirnya bisa kamu gunakan untuk modal awal bisnis yang akan kamu jalani.

Modal bisa juga didapat dari bantuan atau pinjaman orang tua dan kerabat kamu. Intinya mendapatkan bantuan guna mendukung bisnis kamu. Namun satu hal yang dapat kamu pelajari, modal uang bukan penghalang ketika orang memulai bisnis. Buktinya tidak sedikit bisnis besar yang diawali dengan modal kecil.

Modal utama merintis bisnis adalah keberanian dan ketegaran untuk melangkah dan mewujudkan sukses bisnis. itulah kunci utama keberhasilan.

2. Mulai dari online shop

Via musgravemarketplace.ie
Via musgravemarketplace.ie

Modal yang kamu punya belum begitu besar, akhirnya kamu belum bisa menyewa toko untuk kelangsungan bisnismu. Di era yang serba technology supported ini, masih banyak cara yang kamu gunakan demi berlangsungnya bisnismu. Salah satunya dengan bikin akun online shop kamu di social media.

Inti pelajaran yang dapat kamu petik yaitu ubahlah sebuah tantangan atau hambatan menjadi peluang bagi pengembangan bisnis. Jangan menyerah dan selalu memiliki mental positif, niscaya sukses dapat diraih.

Baca halaman selanjutnya: Menghadapi berbagai macam pelanggan membuatmu lebih sabar…