Kamu suka make up atau penggila kosmetik? Jangan hanya dijadikan hobi saja, karena ada banyak pilihan profesi yang menjanjikan terkait dunia kecantikan untuk digeluti.

Riasan atau make up merupakan salah satu hal penting yang tak bisa lepas dari sebagian besar perempuan. Maka, sudah tak asing lagi jika kita menghabiskan waktu yang cukup lama hanya untuk berhadapan dengan peralatan make up yang berjejer di atas meja rias.

Jika kamu merasa kosmetik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari diri kamu dan menjadi passion kamu, sebaiknya dalami lagi kemampuanmu itu agar hobi kamu juga bisa menjadi profesi. Banyak profesi yang berhubungan dengan make up dan bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan yang lumayan, lho! Ini 5 profesi yang bisa kamu pilih untuk kamu pencinta make up dan kosmetik.

  1. Make Up Artist (MUA)
Via qcmakeupacademy.com
Via qcmakeupacademy.com

Profesi MUA memang sedang naik daun dan menjadi tren profesi kekinian. Industri televisi dan perfilman, termasuk yang sering menggunakan jasa perias untuk mendandani aktor dan aktris yang tampil. Tidak hanya untuk tampil di layar kaca atau layar lebar, para selebriti juga menggunakan jasa make up artist untuk pemotretan, baik untuk iklan, acara penting seperti pernikahan hingga pendokumentasian pribadi seperti foto keluarga hingga foto hamil atau maternity photography. Namun, jika kamu berpikiran profesi ini hanya untuk merias para selebriti atau public figure saja, kamu salah besar!

Orang-orang dari berbagai profesi juga membutuhkan jasa perias ini. Karena kebutuhan visual semakin hari semakin penting, terutama untuk foto-foto diri yang dipajang di Instagram! Semakin banyak orang ingin tampil sempurna di Instagram, semakin meningkat juga permintaan jasa make up artist.

Tidak hanya di ranah acara formal dan kebutuhan panggung saja, tapi juga menjadi kebutuhan sehari-hari. Saat ini, banyak orang menjadikan make up sebagai kebutuhan primer, baik saat bekerja hingga menghadiri undangan pernikahan.

Karenanya, kini banyak bermunculan MUA pemula di media yang sedang merintis kariernya. Jika kamu sudah yakin dengan kemampuan merias kamu, coba jalani profesi ini sebagai pekerjaan sampingan terlebih dulu. Coba dengan merias teman kamu sendiri untuk acara wisuda misalnya. Kamu juga bisa mengikuti kursus merias untuk memperdalam kemampuan kamu. Semakin tekun kamu menjalaninya, tarif penggunaan jasamu juga akan semakin tinggi, dan bukan tidak mungkin kamu bisa menjadikan MUA ini sebagai profesi utama.

2. Beauty Blogger atau Vlogger

Via flowww.com
Via flowww.com

Jangan takut untuk menjajal profesi ini jika kamu betul-betul tertarik mendalaminya! Profesi kekinian ini tak memandang batasan usia. Tua atau muda dapat melakukannya asalkan mau berkomitmen dan fokus menjalaninya. Jika kamu hobi menulis, coba publikasikan hasil ulasan make up kamu melalui blog pribadi. Dan jika kita cukup pede untuk tampil di depan kamera, coba buatlah video tutorial atau ulasan produk dan unggahlah ke YouTube. Jika blog atau kanal YouTube kamu bisa menarik banyak pembaca, viewers dan subscriber, media sosial kamu juga bisa meraih banyak followers. Bukan hal mustahil jika suatu saat kamu bisa memelesat menjadi selebgram, lho!

Next: Beauty Consultant