Banyak startup yang tumbuh dan kemudian gagal beberapa tahun belakangan ini. Sesungguhnya bukan berarti produk atau layanan mereka buruk. Hal ini sering terjadi, karena publik tidak tahu produk atau layanan mereka eksis.

Maka dari itu, di sinilah pentingnya menemukan platform-platform yang akan membantu startup tersebut lebih dikenal publik. Ya, membuat early buzz dan menarik basis pengguna atau pelanggan bukanlah pekerjaan mudah, namun juga bukan hal yang tidak mungkin. Berikut beberapa platform yang bisa membantu kamu:

1. Beta List

Ingin membangun basis pengguna atau pelanggan ketika kamu meluncurkan startup? Ingin membuatnya secara gratis? Kamu perlu membuka Beta List. Platform ini memiliki basis subscribers, yang mana para subscribers tersebut punya akses lebih awal pada lebih dari 100 startup online baru setiap bulannya.

Untuk menampilkan profil startup di Beta List memang gratis, namun ada satu persyaratan: startup kamu harus berada dalam tahap pre-launch. Startup yang sebelumnya telah diluncurkan untuk umum, tidak memenuhi syarat. Pastikan kamu rencanakan sejak awal, karena dapat memakan waktu beberapa minggu dari mulai pengajuan hingga pemeriksaan dan akhirnya bisa ditayangkan.

2. Submit.co

Salah satu tugas tersulit bagi startup adalah melakukan kegiatan public relations atau kehumasan yang baik untuk startup-nya. Inilah saatnya membuka Submit.Co, sebuah situs yang menampilkan daftar media atau pers potensial yang perlu didekati, untuk mendapatkan ulasan atau peliputan. Situs ini dibuat oleh tim yang sama yang juga menyusun Beta List.

Tampilan Submit.Co begitu simpel, tidak ada iklan, dan kamu tidak perlu mendaftar untuk mengakses informasi. Ini adalah direktori komprehensif yang berisi daftar kontak media relevan untuk startup online. Direktori mereka juga terbuka untuk ditambah atau disunting bagi informasi baru untuk dikontribusikan. Ya, menciptakan kampanye public relations membutuhkan waktu tidak sedikit dan banyak kerja keras, dan Submit.Co adalah salah satu platform yang dapat membantu kamu mengidentifikasi target media.

3. Product Hunt

Product Hunt adalah sebuah situs yang kini semakin populer dari hari ke hari. Ryan Hoover meluncurkan Product Hunt pada tahun 2013 sebagai sebuah daftar email yang terdiri dari individu-individu yang tertarik untuk membahas bisnis online terbaru. Sejak saat itu, Product Hunt telah berubah menjadi salah satu situs paling berpengaruh bagi para pebisnis online.

Setiap hari Product Hunt menampilkan informasi aplikasi mobile terbaru, aneka proyek dan layanan software, dan sebuah tempat untuk komunitas saling berdiskusi dan melempar opini. Product Hunt adalah tempatĀ  tempat untuk mereka yang startup-nya ingin dikenal, dan pebisnis online yang mencari peliputan atau ulasan dari para jurnalis teknologi dan penggemar startup. Siapapun bisa mendaftar untuk membaca berbagai informasi dalam Product Hunt, namun hanya anggota tertentu yang dapat mengirim informasi baru dan memberi komentar. Hak istimewa ini didapatkan ketika seseorang dari komunitas mengundang secara khusus.

4. Reddit

Reddit adalah komunitas online yang dapat memberi kamu exposure melimpah, dengan syarat kamu bermain sesuai aturan. Asalkan kamu tidak menggunakan Reddit sebagai platform yang melulu untuk beriklan, anggota komunitas ini ‘sensitif’ pada mereka yang sedang mencoba ‘menjual’ sesuatu, kamu akan menerima sambutan yang ramah. Di Reddit, jika kamu mem-posting sesuatu yang berguna dan menarik untuk audiens, tanpa masyaratkan sesuatu kembali, kamu akan menerima banyak exposure.

5. Muck Rack

Bayangkan jika kamu mampu menemukan wartawan relevan hanya dengan mencari kata kunci spesifik, dan menerima notifikasi ketika wartawan men-tweet konten yang sesuai dengan pencarian kamu. Muck Rack melakukan hal ini dan banyak hal lain. Muck Rack adalah platform yang sangat populer bagi banyak PR agency dan departemen pemasaran untuk membangun hubungan dengan media. Pitching langsung melalui platform Much Rack, memastikan bahwa pitch tersebut akan dibaca dan bukan dibuang ke tempat sampah. Namun bedanya, jika empat platform sebelumnya gratis, maka Much Rack adalah layanan berbayar. Meski demikian Much Rack bisa jadi alat yang sangat berguna, jika anggaran kamu mencukupi. (Saradeta Ursula/Dewi Irma)

Tulisan ini terinspirasi dari “5 Helpful Pre-Launch Resources for Online Startups”. Artikel asli bisa dilihat di sini.

Comments

  1. it would be our please to see “BetaPage” in this list. BetaPage is a startup directory where you can discover, hunt and upvote on various innovative startups as per your choice. You can easily find and list all type of startups under any stage i.e. (under development, Public beta/ Private beta or Live).
    For more information visit https://betapage.co/