Alnira, Bella ZMR, Sirhayani, Ainun Nufus, dan Stefani Bella bercerita tentang awal terjunnya mereka di dunia kepenulisan, serta memberikan saran-saran yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menekuni profesi sebagai penulis.

Ada banyak penulis-penulis muda perempuan yang bermunculan di Indonesia. Muda, berbakat dan memiliki pembaca yang setia. Tidak sedikit mereka memulai langkahnya sebagai penulis dengan memanfaatkan platform menulis online seperti Tumblr, Blog dan Wattpad. Bahkan ada yang karyanya dibaca hingga jutaan kali di Wattpad.

Simak obrolan Hitsss dengan 5 penulis muda perempuan, Alnira, Sirhayani, Ainun Nufus, Stefani Bella, dan Bella ZMR tentang awal mula mereka menjadi penulis, peran Wattpad pada karier mereka, hingga alasan apa yang mendasari mereka ingin menjadi penulis

1. Sirhayani

sirhayani

Penulis buku True Stalker, Sandi’s Style, Safa’s Story, dan Memori ini mulai mengenal Wattpad pada tahun 2014 dan mencoba mempublikasikan cerita di sana. Wattpad memiliki peran besar dalam kariernya, karena lewat platform inilah karyanya bisa dilirik penerbit. “Sebelum fokus menulis di Wattpad, saya beberapa kali mencoba mengirim beberapa cerita ke penerbit yang berbeda-beda. Semua cerita yang saya kirim ke penerbit tidak ada yang berhasil lolos. Ada yang ditolak bahkan ada yang tidak diberi tanggapan sama sekali,” ujarnya.

Penulis kelahiran 1997 ini sempat berhenti menulis di Wattpad karena disibukkan dengan kuliah. Akan tetapi, setelah dijalani ia merasa dunia perkuliahan itu tidak cocok untuknya. “Saya berhenti kuliah bukan karena saya ingin menulis,  tapi saya menulis karena saya berhenti kuliah. Satu-satunya hal yang saat itu bisa saya lakukan adalah menulis dan saya melakukan pekerjaan yang saya sukai.”

sirhayani
via Instagram @sirhay.ani

Kelak, Sirhayani ingin mewujudkan mimpi besarnya, yakni membuat perpustakaan sendiri. Ia pun memberi saran pada penulis muda lainnya untuk membuang jauh-jauh pikiran kalau nantinya tidak ada yang membaca tulisan kamu. “Konsisten, optimis, rajin membaca, rajin menulis. Mulai sering sugesti diri kalau kamu bisa mengejar impian kamu menjadi penulis seperti penulis idola kamu atau lebih tinggi dari penulis idola kamu.”

Kini, penulis asal Sulawesi Selatan ini tengah mempersiapkan beberapa buku lagi yang masih dalam proses terbit, yakni Our Years (spin off dari cerita True Stalker), Persona, dan Hilang (sekuel dari Memori)

Next: Ainun Nufus