Menjadi pemimpin yang lebih kuat bisa kamu pelajari dari mana saja, termasuk dari lapangan sepak bola. Berikut ini 5 pelajaran tentang kepemimpinan dari kapten tim sepak bola di Piala Dunia.

Terpilih sebagai pemimpin untuk tim kamu adalah suatu kehormatan dan tanggung jawab. Kehormatannya adalah bahwa kinerjamu berarti diakui dengan baik. Kehormatan ini juga diiringi dengan meningkatkanya tanggung jawab untuk membawa tim pada keberhasilan. Coba terapkan lima keterampilan kepemimpinan dari kapten tim sepak bola yang berlaga di Piala Dunia untuk membantu kamu belajar menjadi pemimpin yang lebih kuat dan tangguh.

1. Fokus

Young Harry Kane, kapten tim sepak bola dari Inggris selain dikenal sering mencetak gol, juga memiliki fokus yang sangat bagus. Dia memiliki banyak gairah untuk permainan dan bertekad untuk memperbaiki dirinya sendiri. Banyak pemain legendaris sebelum dia yang dijadikan kapten karena kepercayaan pada kemampuan mereka dan harapan yang tinggi akan potensi sebagai seorang pemimpin. Kamu mungkin akan menemukan banyak “suara” yang tidak diinginkan yang dapat mengalihkan perhatianmu dari tujuan. Penting bagi kamu untuk dapat memfilter umpan balik yang baik. 

2. Mudah Beradaptasi

Radamel Falcao, pencetak gol utama Columbia, diharapkan menjadi orang yang memimpin timnya meraih kemenangan di Piala Dunia ini. Dia dikenal mampu beradaptasi dengan keadaan sekitar di lapangan dan membuat peluang dari yang tidak terlihat oleh orang lain. 

Sebagai seorang pemimpin, kamu harus mengetahui nilai lebih dari dirimu sendiri. Kamu juga harus belajar bagaimana memanfaatkan sumber daya yang kamu miliki untuk membimbing menuju kesuksesan. 

Next: Dapat Diandalkan