Jangan biarkan lima kesalahan ini memperpendek usia startup yang baru kamu jalankan.

Memulai bisnis tentu tidak sesulit mempertahankannya. Ketika sedang membangun startup menjadi sebuah perusahaan besar, bukan tak mungkin kamu akan menemui berbagai masalah. Namun, masalah tersebut bisa saja datangnya dari keputusan yang kamu buat sendiri dan akhirnya berujung menjadi penghancur startup.

Nah, membangun startup artinya kamu harus peka terhadap berbagai persoalan. Kamu tidak bisa langsung mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang masak. Berikut ini telah Hitsss uraikan hal-hal yang dapat menghancurkan startup-mu.

1. Ingin membuat perusahaan yang spektakuler

Melihat kehebatan perusahaan sebesar Apple dan Google, pastilah membuatmu iri dan ingin segera membangun bisnis sebaik dua perusahaan itu. Akan tetapi, sebaiknya kamu tidak terburu-buru mencontoh perusahaan itu. Kamu tidak sebaiknya fokus terhadap persepsi yang kurang realistis bila startup-mu masih terbilang muda. Sebisa mungkin, tahanlah keinginan untuk membuat image yang spektakuler untuk publik. Biarkan perusahaanmu berkembang melalui tahap demi tahap.

2. Segera ingin membawa bisnis ke ranah global

Hal lain yang dapat menghancurkan startup-mu adalah fokus terhadap rencana bisnis untuk membawa perusahaan secara global. Padahal, sebuah bisnis yang baru dijalankan sebaiknya tidak dipaksakan untuk langsung berjalan secara global. Kamu seharusnya fokus lebih dahulu terhadap kebutuhan pelanggan dan melakukan eksekusi bisnis dengan baik.

Bermimpi besar itu perlu dan penting. Akan tetapi, yang lebih baik adalah berjalan selangkah demi selangkah dan menghasilkan hasil yang benar-benar terukur terlebih dulu. Akan ada saatnya ketika sistem manajemen startup-mu mulai baik, produkmu memang dibutuhkan masyarakat, finansialnya semakin sehat maka seiring sejalan, startup yang kamu dirikan bisa dikenal semakin luas lagi.

Next: Meminjam uang sedini mungkin