Nasib hidup-matinya sebuah startup sangat bergantung pada kemampuan pendiri atau founder dan CEO yang menjalankannya.  Karena itu, untuk memastikan startup dapat bertahan hidup lebih lama dan mengalami pengembangan bisnis yang cepat, para pendiri dan CEO harus memiliki 5 kemampuan esensial berikut ini.

1. Punya Visi

Visilah yang akan membawa kamu dan tim dapat menjalankan startup yang kalian dirikan dengan baik. Visi ini harus diperluas ke setiap aspek perusahaan, mulai dari branding, hingga pesan apa yang ingin disampaikan perusahaan kamu kepada publik. Pemimpin startup harus bisa menjelaskan visi startup-nya kepada investor, pelanggan atau konsumen, hingga staf di setiap level bagian perusahaan. Untuk menciptakan visi yang jelas, kamu harus punya pemahaman yang baik tentang industri yang kamu jalani beserta persaingannya. Untuk itu startup kamu harus lebih kompetitif dan punya keunikan, karena bisa jadi ada banyak perusahaan yang sejenis dengan startup kamu di luar sana.

2. Merekrut Orang yang Tepat

Dapatkan orang yang tepat untuk mengisi berbagai posisi di tim startup kamu. Karena yang membuat startup kamu akan tetap ada adalah kontribusi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Rekrut orang-orang yang memang kompeten di bidangnya. Merekrut karyawan yang salah bisa jadi perbuatan yang sia-sia yang akan mengancam kematian perusahaan. Kecocokan antara karyawan dengan budaya perusahaan juga penting, bukan semata hanya harus punya kemampuan yang brilian. Untuk apa mempekerjakan orang yang tampak hebat tapi tidak sesuai dengan budaya perusahaan.

Next: Memastikan Pendanaan untuk Startup yang Berkelanjutan