Membangun kebiasaan yang produktif bagi pebisnis merupakan hal penting agar usaha bisnis mereka bisa berjalan dengan baik. Ternyata 5 pengusaha muda yang sukses di dunia ini punya kebiasaan yang tidak hanya produktif tapi juga unik. Apa saja yang bisa dipelajari dari mereka? Dilansir dari Entrepreneur.com, simak 5 kebiasaan unik pebisnis muda yang berdampak pada kemajuan perusahaannya.

Membuat Schedule Secara Teratur

kalendar

Rameet Chawla, pendiri Fueled, sebuah perusahaan desain berbasis di New York, punya kebiasaan mengatur jadwal secara konsisten. Hasilnya, ia bisa memaksimalkan jumlah pekerjaan yang ia lakukan setiap harinya. Dengan menyusun jadwal, ia tahu mana yang harus menjadi prioritas dan ia kerjakan lebih dulu dibanding kegiatan lainnya. Baginya ini penting untuk pengembangan diri.

Ia menyelesaikan makan malam pada pukul 23.00 dan selalu mengisi waktunya dengan sebuah pekerjaan sampai pukul 3.30 pagi. Kemudian ia menyisihkan waktu untuk menjawab  email dan menemukan ide-ide baru untuk esok hari. Menurutnya hal ini sangat produktif dilakukan pada jam tersebut. Ia baru tidur pada pukul 04.00.

Ketika banyak orang mungkin lebih fokus pada hal lain, seperti keluarga, teman dan lainnya, ia memilih tetap konsisten mengikuti jadwal yang ia buat demi menggapai kesuksesan.

 

Mengevaluasi Diri Sebelum Tidur

Setiap malam sebelum tidur, cobalah bertanya pada dirimu sendiri, masa depan seperti apa yang kamu inginkan? Hari esok seperti apa yang ingin kamu jalani? Refleksikan juga tentang apa yang telah kamu perbuat dan kamu alami dalam hari itu. Apakah kamu telah menjalani hari yang efektif dan efisien? Atau justru banyak waktu yang terbuang percuma dan sia-sia begitu saja?

Jesse Lear, Co-founder V.I.P Waste Service, penyedia jasa daur ulang sampah di Amerika Serikat, selalu mengevaluasi diri setiap malam. Karena masa depan sangat bergantung pada apa yang kita lakukan di masa sekarang.

Next: Bertualang Setiap Akhir Pekan