Mobiliari Group menggelar Fintech Festival (Finfest) 2018 pada akhir Maret lalu. Inilah 5 pelajaran berharga yang dapat kamu petik dan pelajari. Apa saja? Simak ulasannya.

Pada akhir Maret 2018 lalu, Mobiliari Group menggelar Fintech Festival (Finfest) 2018, di Soehanna Hall, The Energy Building, Jakarta, dengan tema “How Technology Drives the Financial Industry”. Dibuka oleh Millie Stephanie Lukito, Founder & CEO Mobiliari Group, Finfest 2018 menyajikan topik-topik fintech, seperti fintech di industri perbankan, ekspansi bisnis digital, crowdfunding, edukasi keuangan bagi para milenial, cryptocurrency, dan peran blockchain.

Dalam uraian sambutannya, Millie Stephanie Lukito menjelaskan, perkembangan teknologi digital telah memengaruhi masyarakat dan mengubah lanskap bisnis. Hal ini ditandai dengan kian populernya penggunaan media sosial, makin banyaknya penggunaan mobile app, makin lazimnya transaksi online (ecommerce), berkembangnya sharing economy, bermunculan startup berbasis digital, kian berkiprahnya kalangan modal ventura di dunia bisnis, hingga berkembangnya layanan keuangan berbasis aplikasi (fintech).

Menjawab dinamika kemudahan dan kecepatan di dunia teknologi, Mobiliari Group pun terus menyesuaikan dengan arah perkembangan dan perubahan kemajuan teknologi digital. Antara lain, menangkap peluang pasar baru (new market) dengan memanfaatkan platform teknologi digital.

Selanjutnya, Mobiliari Group juga membentuk sebuah divisi baru yaitu Mobiliari Institute, yang nantinya akan menjalankan fungsi Knowledge Management. Dengan empat pilar yang menjadi fokus utama untuk dijalankan yaitu penelitian, seminar, training dan sertifikasi profesi. Hal tersebut guna mendukung kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, khususnya mereka yang sedang dalam usia produktif dalam menghadapi bonus demografi 2020 mendatang.

Dalam acara yang berlangsung semarak itu, dihadiri para pembicara utama seperti Chatib Basri, mantan Menteri Keuangan RI periode 2013-2014 dan Triyono Gani, Advisor Group Inovasi Keuangan Digital dan Pengembangan Keuangan Mikro Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Dari paparan pembicara tersebut, ada 5 hal penting yang dapat dipetik dan dipelajari terkait kemajuan ekonomi digital serta kaitannya dengan layanan berbasis aplikasi fintech. Apa saja? Simak ulasannya.

Baca halaman selanjutnya: Fintech kian berkembang pesat…