Apakah pintar menjamin seseorang sukses berbisnis? Tidak juga. Lakukan ini jika kamu ingin menjadi pebisnis sukses di usia muda meski kurang pintar.

Tidak selalu harus pintar untuk menjadi pebisnis yang sukses. Karena segala hal bisa dipelajari dan tanpa harus mahir di semua bidang, kamu bisa menjadi pebisnis yang sukses. Jika kamu merasa kurang pintar tapi ingin membuat bisnis dan sukses, lakukanlah 5 hal ini.

1. Pekerjakan orang yang lebih pintar darimu

Jack Ma pendiri Alibaba mengatakan di acara World Economic Forum pada awal tahun 2018 bahwa ia mengungkapkan rahasia suksesnya, yakni mempekerjakan orang yang lebih pintar darinya. “Saya awalnya tidak tahu apa-apa tentang teknologi. Saya juga tidak tahu apa-apa soal manajemen. Tapi kamu memang tidak harus jadi orang yang tahu banyak hal. Kamu hanya perlu menemukan orang-orang yang lebih cerdas dari kamu. Itu yang bertahun-tahun ini saya lakukan.” Jadi, kamu nggak perlu berkecil hati jika kamu merasa kurang pintar, tapi ingin berbisnis.

2. Buatlah tim yang terdiri dari orang-orang cerdas yang mampu bekerja sama

Ketika kamu sudah menemukan banyak orang cerdas untuk ada di tim kamu, satukan mereka untuk bisa bekerja sama. Mendapatkan orang yang cerdas untuk bekerja di perusahaanmu adalah hal mudah. Akan tetapi, orang yang pintar biasanya cenderung lebih senang menjadi “super man”. Sombong, arogan dan sulit untuk bekerja sama dengan orang lain. Karena itu butuh manajemen yang baik untuk menyatukan mereka yang cerdas dalam satu tim dan dapat bekerja sama

 Next: Tidak pintar bukanlah masalah, yang penting kamu mau belajar