Pentingnya berinovasi tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga untuk setiap orang. Bagaimana menjadi individu yang penuh inovasi?

Di era teknologi yang serba kompetitif, seseorang perlu terus berinovasi untuk bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. Apa pun pekerjaan kamu, profesi kamu. Baik karyawan, pebisnis maupun pekerja lepas, kamu perlu melakukan inovasi. Bagaimana menjadi individu yang penuh inovasi?

1. Tingkatkan kemauan untuk mencari tahu

“Kemampuan untuk berinovasi bukanlah hal yang kita bawa sejak lahir. Kemampuan itu tercipta dari kemauan kita untuk mencari tahu, ” ungkap Danny Oei Wirianto, CMO PT. Global Digital Prima (GDP) Venture dalam buku yang ditulisnya, Think Fresh! (2018).

Tanpa melakukan inovasi, kamu akan terjebak pada keadaan yang tidak membuatmu tumbuh dan berkembang. Yang bisa membawamu sejauh dan setinggi yang kamu inginkan adalah rasa ingin tahu. Jika kamu merasa tak perlu mencari tahu lagi, maka di sanalah kamu akan merasa mentok.

Inovasi bisa lahir dari rasa penasaran. Memelihara rasa penasaran akan membawamu ke dunia yang mungkin tidak kamu bayangkan sebelumnya. Rasa penasaran akan mengantarkanmu belajar hal-hal baru yang mungkin tidak pernah kamu lakukan.

2. Menjadi orang “gila”

Bermain di zona aman tidak akan membawamu ke mana-mana. “Orang-orang ‘gila’ yang sukses biasanya penasaran terhadap hal-hal baru. Mereka berani tampil beda, tidak selalu berpatok pada peraturan, dan berani melangkah ke luar zona amannya untuk mencoba hal-hal baru,” jelas Danny.

Dengan menjadi orang yang berani mencoba hal baru, otak kamu akan terpicu untuk selalu berpikir berbeda, pikiran yang berbeda ini bisa membuatmu menciptakan inovasi yang membuatmu bisa mendobrak kesuksesan.

 Next: Belajar dari orang lain, buku dan internet