Belanja satu barang yang kamu inginkan setiap bulannya

Untuk barang-barang yang kamu inginkan dan harganya cukup mahal, biasakan untuk membeli satu barang saja untuk satu bulan. Misalkan, kamu butuh handphone baru, wujudkan pembelian itu di bulan depan setelah kamu menginginkannya. Perlakukan cara ini untuk benda-benda lainnya, seperti sepatu, tas atau jam tangan dan benda-benda lainnya.

Kamu tidak perlu membeli semua daftar keinginan dalam satu bulan. Begitu pun menginap di hotel bersama keluarga atau makan di restoran mewah. Kamu tidak perlu melakukannya di bulan yang sama. Jika bulan ini kamu sudah beli tas mahal, hindari beli barang lainnya. Jika bulan ini kamu sudah menginap di hotel, hindari untuk makan di restoran mewah. Lakukan saja kegiatan itu di bulan depannya lagi.

Biasakan menabung sebelum belanja

Buat anggaran saldo minimal sebelum belanja. Kamu bisa menabung sedikit demi sedikit untuk membeli barang yang kamu inginkan sekarang di bulan depan. Misalnya, kamu berencana membeli sesuatu seharga Rp 500 ribu di bulan depan, dari sekarang, kamu harus menyisihkan sedikit dari uang harianmu untuk membelinya. Kamu akan lebih puas lagi karena barang tersebut diperoleh tanpa mengganggu gajimu di bulan tersebut, karena kamu sudah menyisihkannya di bulan sebelumnya.

Next: Tinggalkan kartu kredit dan gunakan uang tunai atau kartu debit