Ingin lebih cerdas dalam belanja? Lakukan hal ini agar kamu menjadi smart shopper dan tidak menjadi shopaholic.

Setiap orang pada umumnya senang belanja, apalagi kaum perempuan. Setiap menerima gaji, pasti hasrat belanja semakin menggebu-gebu. Karena ada orang yang memang belanja untuk mengapresiasi hasil jerih payahnya bekerja. Ada yang untuk menghibur diri dan ada yang memang karena sedang membutuhkan sesuatu.

Mengingat dorongan eksternal begitu kuat untuk membuat seseorang belanja (mulai dari iklan, dan lain sebagainya), tampaknya agak sulit untuk membentengi diri dan berhemat. Akan lebih sulit lagi jika kamu termasuk yang gila belanja (shopaholic). Orang yang termasuk shopaholic sudah kehilangan kendali dalam membelanjakan uang. Ini bisa membahayakan kondisi keuangan, karena mereka yang gila belanja bahkan bisa sampai berutang untuk memenuhi hasratnya itu.

Untuk menjaga kondisi keuanganmu tetap sehat, bukan berarti lantas kamu tidak boleh belanja sama sekali. Kamu hanya perlu menjadi orang yang cerdas dalam berbelanja (smart shopper). Karena menyisihkan uang untuk masa depan bukan berarti kamu harus hidup susah. Yang terpenting adalah hidup seimbang. Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk menjadi kaya untuk si hobi belanja menurut Prita H. Ghozie dalam bukunya Menjadi Cantik, Gaya & Tetap Kaya (2015).

Batasi jalan-jalan ke pusat perbelanjaan

Tidak setiap akhir pekan kamu harus ke mall. Batasi satu bulan sekali atau maksimal dua kali. Itu pun dengan tujuan yang berbeda. Misalkan, untuk minggu ini kamu bisa ke mall untuk belanja, sementara minggu depan hanya untuk menonton bioskop.

Tanpa tujuan yang spesifik, kamu bisa menghabiskan uang begitu saja dalam satu kali kunjungan ke mall. Tanpa sadar tangamu sudah menenteng banyak barang yang kamu pun tidak tahu apakah benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jika kamu tipe yang harus pergi ke luar rumah setiap akhir pekan. Kamu bisa pergi ke museum atau ke taman di dekat rumah yang membuatmu tidak perlu keluar banyak biaya.

 

Next: Belanja satu barang yang kamu inginkan setiap bulannya