Merintis sebuah startup memang rumit dan banyak tantangan menghadang. Untuk itu diperlukan sikap dan cara berpikir tepat dari seorang founder dalam mengarungi bisnis. Berikut 4 hal yang perlu dimiliki pendiri startup jika ingin meraih keberhasilan.

Setiap pemimpin tentu memiliki tanggung jawab besar, termasuk para pendiri startup. Nama –nama besar yang sukses membangun perusahaan rintisan berbasis teknologi dari bawah seperti Nadiem Makarim, Achmad Zaky, Andrew Darwis, Wiliam Tanuwijaya dan sebagainya, menjadi icon kesuksesan. Namun di balik kisah keberhasilan mereka terdapat kesamaan karakter dan cara berpikir yang mampu membawa arah bisnisnya ke puncak kesuksesan.

Berikut empat hal penting sebagai cara berpikir dan bersikap yang harus dimiliki para founder startup. Apa saja? Simak ulasannya.

Kemampuan mengamati tren

Via Pemeriksaan Pajak.com
Via Pemeriksaan Pajak.com

Seorang founder startup harus mampu mengamati tren yang terjadi saat ini dan masa depan yang akan berlangsung. Terutama di sektor bisnis dan berbagai peluang usaha. Semua itu didapat dengan membuka wawasan dan pikiran secara luas. Banyak bergaul dengan berbagai kalangan di dalam dan luar negeri serta memperkaya pengetahuan dengan berbagai buku-buku bisnis dan kisah inspiratif dari tokoh terkenal.

Baca halaman selanjutnya: Berani bertindak…