Generasi milenial tidak hanya perlu meningkatkan kemampuan dan kapasitas di bidangnya saja, tapi harus memiliki 4 kompetensi dasar yang bisa membantu mendongkrak kesuksesan karir. Apa saja keahlian tersebut? Berikut ini saran dari Bayu Janitra, CEO Top Karir Indonesia (portal karir anak muda di Indonesia) untuk generasi milenial yang ingin mencapai puncak karir.

1. Bahasa atau komunikasi

Kamu tidak perlu menjadi lulusan jurusan komunikasi untuk punya kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik dilatih dan dipraktikkan, bukan hanya sekadar dipelajari melalui teori. Dengan punya kemampuan komunikasi yang baik, kamu jadi lebih mudah mengomunikasikan apa saja yang menjadi keinginan kamu kepada orang lain.

Orang lain pun akan lebih mengerti dan lebih mudah menangkap maksud serta arti dari ucapan kamu. Orang yang bisa mengutarakan kemauannya dengan jelas akan lebih mudah menggapai tujuannya. Karena sering kali, kita dapat mencapai tujuan kita dengan bantuan orang lain.

Untuk berkomunikasi kamu juga harus tahu etikanya. Jangan sampai hanya karena kurang paham aturannya kamu jadi kehilangan respek dari orang lain. Selain menggunakan kata-kata yang sopan, dalam berkomunikasi juga kamu harus memerhatikan seperti kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi.

Hindari membahas pekerjaan di luar jam kerja dan di hari kerja jika memang tidak terlalu genting. Karena bisa jadi nanti kamu dianggap kurang menghargai waktu yang dimiliki klien, rekan bisnis atau rekan kerja kamu. Jangan sampai cara kamu berkomunikasi justru dianggap mengganggu oleh orang lain.

Next: Kemampuan Menganalisis