Selain sederhana, syarat utama membuat logo bisnis yang mudah diingat adalah memiliki keunikan dan bermakna.

Logo adalah representasi visual dari semua hal yang ditunjukan oleh sebuah  perusahaan. Idealnya, sebuah logo perusahaan dapat meningkatkan kesan pertama yang dapat langsung melekat di benak pelanggan dan mitra bisnis kamu.

Logo yang baik dapat membangun identitas merek, dan memberikan tampilan profesional perusahaan mu. Terkadang, seseorang akan lebih mengingat logo suatu perusahaan dibandingkan dengan nama perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat logo yang kreatif dan mudah diingat? Berikut Hitsss merangkum beberapa cara untuk membuat logo yang mudah diingat dan tak lekang oleh waktu.

Sederhana

Untuk membuat logo yang mudah diingat, hal dasar yang harus kamu ketahui adalah kesederhanaan. Orang cenderung akan sulit untuk mengingat sesuatu yang rumit dan akan lebih mudah mengingat sesuatu yang sederhana.

Hal ini bisa kamu lihat pada logo Nike, yang hanya menggunakan tanda centang untuk logonya tanpa memberikan keterangan tambahan. Walaupun hanya dengan tanda centang, orang-orang akan langsung tahu bahwa itu adalah Nike. Dan kalaupun ada logo lain dengan desain yang sama persis, orang-orang akan tetap mengingat bahwa logo tersebut adalah logo dari Nike.

Unik

Syarat lainnya untuk membuat sebuah logo yang mudah diingat adalah dengan menggunakan sesuatu yang unik. Kebanyakan perusahaan membuat sebuah logo yang sebelumnya sudah ada kemudian dibuat ulang dengan berbagai modifikasi pada logo tersebut.

Namun, itu tidak akan menambah nilai lebih pada logo tersebut. Buatlah logo yang unik dan sederhana. Kebanyakan orang cenderung akan mengingat sesuatu yang aneh atau unik dalam memori ingatan mereka, karena keunikan tersebut membuatnya berbeda dari yang lain.

Sebagai contoh, logo Apple yang dibuat dengan menggunakan sesuatu yang biasa kita makan sehari-hari. Ketika kita melihat atau memegang sebuah Apel, kita akan langsung berpikir bahwa ini adalah sebuah makanan yang sehat untuk tubuh kita dan memiliki banyak nutrisi.

Namun, hanya dengan memberikan satu gigitan pada buah tersebut, pikiran kita akan teralihkan dari yang tadinya berpikir tentang buah yang menyehatkan menjadi sebuah perusahaan teknologi ternama dengan berbagai produknya yang canggih.

Itulah contoh sebuah desain yang unik dengan menggunakan sesuatu yang biasa kita gunakan sehari-hari. Keunikan ini biasanya muncul dari cara berpikir yang out of the box, dan membutuhkan kreativitas serta sedikit inovasi.

Bermakna

Dalam pembuatan sebuah logo, tentunya harus memiliki makna tersendiri yang terwakili dalam logo tersebut. Haruslah ada cerita dibalik logo tersebut. Sebaiknya ada dua makna dalam sebuah logo, yaitu makna langsung dan makna tersembunyi. Kamu bisa menggunakan makna tersembunyi tersebut melalui sebuah bentuk atau warna tertentu. Karena pada dasarnya, sebuah bentuk dan warna memiliki arti masing-masing.

Contoh logo yang menyimpan makna tersembunyi yang diingat banyak orang adalah logo Toyota. Dengan bentuk 3 oval yang berbeda yang membentuk huruf T yang melambangkan nama perusahaan tersebut “Toyota”.

Namun, bentuk 3 oval tersebut memiliki makna masing-masing. Oval yang tumpang tindih di tengah, melambangkan kepercayaan dan keyakinan antara pelanggan dengan perusahaan, sedangkan oval yang mengelilingi di luar menggambarkan ekspansi global Toyota. (JU/AR)