Pahit, manis bahkan getir adalah bagian dalam serangkaian proses menuju kesuksesan. Inilah 3 wirausaha muda Indonesia yang berhasil membangun bisnis dengan kegigihan dan sikap pantang menyerah.

Walaupun sulit, ternyata banyak wirausaha muda di Indonesia yang sukses berkat kegigihan dan kerja keras. Mereka memulai bisnisnya dari usia belasan, terus berusaha dan memiliki tekad kuat untuk bangkit dari kegagalan. Kisahnya mampu menginspirasi. Yuk simak bareng-bareng.

Nabila Bawazier

Via daihatsu.co.id
Via daihatsu.co.id

Nabila atau yang biasa dipanggil Abil, salah satu wirausaha muda sukses. Abil memulai bisnisnya sejak ia masih duduk di bangku SMA. Awal mulanya, Abil mempunyai kesulitan saat ia akan membeli sepatu karena ia mempunyai sedikit kekurangan pada tumit kanannya. Hal itu membuat Abil selalu membeli sepatu custom dan memesan terlebih dulu.

Tidak disangka kekurangannya itu malah menghasilkan ide cemerlang, Abil ingin membuat sepatunya sendiri. Mulai dari konsumsi pribadi, hingga akhirnya banyak teman Abil yang memesan sepatu bikinannya sendiri itu. Abil menamai brand sepatunya dengan NSBWZ, yang sebetulnya adalah singkatan dari nama Abil sendiri. Namun dengan berbagai alasan ia menggantinya dengan ‘Nice Shoes Be Wonder Zoe’ karena ia merasa nama suatu yang penting untuk brand.

Perjalanan bisnis wanita yang berusia 22 tahun ini tak selalu berjalan mulus, ia pernah ditipu dan kehilangan sejumlah uang namun ia tak menyerah. Tetap bangkit dan fokus pada bisnisnya. Sekarang Abil berpenghasilan kurang lebih Rp60 juta per bulan dan mempunyai toko sepatunya sendiri di Jalan Lodaya, Bogor.

Baca halaman selanjutnya: Benny Fajarai…