Memanfaatkan Media Sosial dengan Maksimal

Pada dasarnya, semua yang Jenner lakukan untuk menghasilkan uang adalah dengan memanfaatkan media sosialnya. “Media sosial adalah platform yang luar biasa. Saya punya akses yang mudah kepada penggemar dan pelanggan saya melalui media sosial,” ujar Jenner. Dalam hitungan jam, ia bisa mengunggah postingan Instagram dan Snapchat, termasuk foto selfie-nya mengenakan produk kosmetiknya sendiri dengan caption tentang shade dari Kylie Cosmetics yang ia gunakan. Ia juga mengambil video untuk produk-produk yang akan dia luncurkan.

Mengapa itu semua efektif? Tentu saja karena ia punya lebih dari 110 juta pengikut di Instagram dan jutaan pengikut lainnya di Snapchat, dan banyak dari mereka adalah perempuan muda yang tentunya menjadi target pasar yang masif untuk memasarkan produk lipstik. Belum lagi ada sekitar 16,4 juta yang menjadi follower di akun Instagram perusahaannya, dan 25,6 juta pengikutnya di Twitter. Ditambah juga bantuan postingan dari akun teman-temannya dan saudaranya di media sosial.

Mandiri dan Penuh Percaya Diri

Untuk memulai bisnisnya, ia memakai modal hasil jerih payahnya sendiri. Ia menggunakan sekitar $250.000 (atau sekitar 3 miliar 595 juta Rupiah) yang ia dapatkan dari pekerjaannya sebagai model untuk memproduksi 15.000 produk lip kit pertamanya. “Saya katakan, saya siap mendirikan bisnis dari uang saya sendiri. Saya tidak ingin melakukannya dengan orang lain,” ujar Jenner.

Pemasaran dilakukan secara intuituf dalam beberapa bulan melalui keluarganya di Instagram. Peluncurannya diumumkan melalui media sosial sehari sebelum dijual pada 30 November 2015. Lip kit-nya itu terjual habis hanya dalam hitungan menit. Bahkan para reseller juga ada yang menjual produk seharga $29 itu hingga $1.000 di eBay.

Nah, sudah tahu kan bagaimana Kylie Jenner bisa menjadi miliader di usia muda? Patut dicontoh, nih Hitsssters! Jangan sia-siakan masa mudamu, ya, karena tidak ada kata terlalu muda untuk menjadi orang yang sukses. (AR)