Forbes mengumumkan daftar tahunan “30 Under 30 Asia”, yang menampilkan 30 anak muda paling berpengaruh di bawah 30 tahun dari seluruh Asia. Daftar ini menampilkan 30 orang dari 10 kategori, yaitu kategori The arts, Enterprise technology, Finance & venture capital, Industry, manufacturing & energy, Consumer technology, Health care & science, Media, marketing & advertising, Retail & e-commerce, Entertainment & Sports dan Social Entrepreneurs. Juga ada kategori Youngest, Big Money, dan Celebrities.

Ada lebih dari 2.000 nama yang diajukan dari 24 negara di Asia. Namun disaring lagi menjadi 300 hingga terpilih 30 orang. Kriteria yang dinilai dari penerima penghargaan ini termasuk inovasi di bidangnya dan kemungkinan mereka akan mengubah dunia di sekitar mereka hingga tahun-tahun berikutnya.

Di antara 30 nama tersebut, kita patut berbangga karena ada 16 anak muda yang berasal dari Indonesia. Siapa saja mereka?

  1. Rich Brian

rich

Musisi remaja berusia 18 tahun ini masuk ke dalam Entertainment & Sports. Musisi yang memiliki nama asli Brian Immanuel ini  merupakan rapper muda kelahiran Jakarta yang sempat memiliki nama panggung Rich Chigga, namun kini ia menggantinya dengan Rich Brian. Ia mengganti nama tepat pada peluncuran album barunya “Amen” pada awal februari 2017 lalu.

Rapper muda ini sempat menjadi perbincangan di dunia hiburan. Bagaimana tidak, albumnya pernah memuncaki posisi pertama iTunes untuk kategori musik hip hop. Video debut lagunya, “Dat $tick” telah ditonton lebih dari 84 juta kali di YouTube. Ia menuangkan segala perasaannya ke dalam lirik lagu dalam setiap albumnya, menurutnya hal tersebut membantunya untuk menuangkan perasaannya melalui sebuah seni.

  1. Yohanes Sugihtononugroho dan Muhammad Risyad Ganis

crowde

Dua pemuda kebanggaan anak bangsa ini berhasil membangun sebuah platform yang membantu para petani kecil. Platform yang mereka ciptakan yakni Crowde, sebuah platform yang membantu memberikan modal kepada petani dengan menjembatani mereka dengan para investor. Yohanes Sugihtononugroho dan Muhammad Risyad Ganis masuk ke dalam kategori Finance & Venture Capital.

Next: Reynold Wijaya dan Iwan Kurniawan