Pentingnya kolaborasi dan keunikan dalam industri kreatif

gerald
Gerald Sebastian (Founder & CEO Kok Bisa Channel) (Foto: Adiyasa Prahenda/Hitsss.com)

Selain itu, kolaborasi menjadi satu hal yang sangat penting dalam pengembangan industri kreatif. Seperti Famous.ID, sebuah jejaring untuk content creators, yang berkutat dengan para influencer baik selebgram hingga Youtuber. “Kunci dari creativity as a currency itu adalah kolaborasi. Karena dengan kolaborasi, kita akan hasilkan sebuah karya yang di luar dugaan dan bisa jadi sangat berbeda sekali,” ujar Garth Parlimbangan, CCO Famous.ID.

DSC08072
Foto: Dok. Hitsss.com

“Banyak influencer yang memulai kariernya sebagai kreator konten. Hasilnya, mereka jadi idola baru dengan beragam karya yang unik dan berbeda. Akhirnya, brand punya banyak alternatif untuk mendapatkan talent yang cocok untuk promosi bisnis,” lanjut Garth.

DSC08082
Foto: Dok. Hitsss.com

Selain kolaborasi, keunikan juga menjadi kunci utama untuk sukses di industri kreatif. Termasuk dalam bisnis kuliner. Mengingat ada banyak sekali pemain yang terjun di bisnis ini. Eatlah, termasuk yang membawa konsep unik mereka ke bisnis seperti ini dan hasilnya pun sukses. Charina Prinandita, Co-founder Eatlah, merasakan bahwa generasi milenial selalu menunggu makanan-makanan yang disajikan dengan kreatif. Semakin aneh dan menarik, maka makanan itu akan dicari oleh pembeli.

Next: Kreativitas dan bentuk perhatian terhadap masalah sosial