Beberapa startup dirintis dengan biaya minim. Namun kalau bisa gratis, kenapa tidak?

Membangun startup sampai terlihat hasilnya itu sulit. Layak dilakukan, tapi memang tidak mudah. Namun ada sejumlah produk online gratis yang dapat membantu kamu dalam memulai dan membangun startup. Berikut ini adalah 11 di antaranya yang akan berguna untukmu:

1. Startup Stash

Startup Stash adalah direktori terkurasi atas sumber daya dan alat untuk membantu kamu membangun startup. Ini adalah titik awal yang baik. Cek situsnya di sini.

2. Square Space Logo

Gunakan ini untuk membuat logo dasar startup kamu secara instan. Sangat membantu dan begitu praktis. Cek situsnya di sini.

3. Shake

Di sini kamu bisa menemukan panduan dalam menyusun dokumen perjanjian hukum secara gratis. Kamu dapat membuat, menandatangani, dan mengirimkan kesepakatan yang mengikat secara hukum dalam hitungan detik. Sangat efektif dan mudah digunakan. Cek situsnya di sini.

4. The Name App

Ini adalah generator nama gratis. Cari domain dan profil sosial untuk startup kamu. Sangat membantu bagi yang baru pertama kali memulai dan mencoba untuk tampil dengan eksistensi online kuat. Cek situsnya di sini.

5. Content Idea Generator

Ini akan membantu kamu mendapatkan ide-ide konten kreatif.  Alat yang akan sangat membantu kamu untuk mengalirkan kreativitas. Cek situsnya di sini.

6. Pablo by Buffer

Desain gambar menarik untuk posting di media sosial kamu secara gratis. Alat ini super cepat dan mudah digunakan. Cek situsnya di sini.

7. Stock Snap.io

Kumpulan stok foto indah yang gratis. Banyak yang menggunakan situs ini ketika mereka membangun situs. Cek situsnya di sini.

8. Freebbble

Situs ini memiliki lebih dari 1000 desain berkualitas tinggi yang dibuat oleh para pengguna Dribble. Sebagian dapat disunting dan dapat digunakan untuk kepentingan situs atau mobile. Koleksi yang mengagumkan. Cek situsnya di sini.

9. Type Form

Ini manajemen perencanaan gratis, yang akan membantu kamu membuat survei, formulir, formulir pembayaran, dll. Alat ini memiliki cara mengagumkan dalam menampilkan font di situs dan mobile. Cek situsnya di sini.

10. SumoMe

Sekarang, hampir semua orang menggunakan SumoMe untuk menumbuhkan traffic. Ini menjadi alat yang sangat baik untuk membangun lists, heat maps, popup email boxes, dll. Cek situsnya di sini.

11. Awesome Screenshot

Situs ini membuat screenshot sederhana dan memungkinkan kamu untuk menandai gambar juga. Situs ini berprinsip ‘cara termudah untuk berkomunikasi ialah dengan gambar.’ Cek situsnya di sini. (Saradeta Ursula/Dewi Irma)

Tulisan ini terinspirasi dari “11 Killer Free Tools to Launch and Build Your Startup”. Artikel asli bisa dilihat di sini.