Dari Paris hingga New York, sejumlah kota dunia jadi tempat tinggal impian bagi kaum muda, yang berambisi tinggi meraih mimpinya. Tapi sebenarnya, apa saja kota sempurna untuk kaum muda dan apa saja kelebihannya?

Kehidupan anak muda penuh dengan kesempatan-kesempatan yang datang dari segala arah. Kreativitas dan inovasi terus mengalir deras, tanpa mengenal batasan status sosial maupun tempat tinggal.

Kemandirian dan ambisi yang kuat membuat anak-anak muda selalu bergairah dalam mengejar apa yang mereka mimpikan. Nah, sehubungan dengan itu, ada lho kota-kota terbaik di dunia yang mendukung perkembangan anak-anak muda, sehingga mereka dapat dengan bebas mengembangkan diri.

Sejumlah kota-kota ini terpilih jadi yang terbaik bagi para anak muda, untuk usia 15 hingga 29 tahun. Risetnya berdasarkan indeks milik YouthfullCities, sebuah perusahaan berwawasan sosial.

Mulai dari lapangan kerja, transportasi umum, mode, musik, potensi dan semangat berwirausaha, sampai peran kaum muda dalam masyarakat, jadi indikator penilaian kota-kota ini. Siapa tahu, kamu tertarik untuk mengambil pendidikan jenjang tinggi atau tinggal dan bekerja di sana, simak yuk rangkuman Hitsss berikut.

10. Seoul

namdaemun seoul korea hitsss
Via Pixabay.com

Ibu kota Korea Selatan ini terkenal dengan industri hiburannya yang sangat berkembang, menjadi tempat yang menarik untuk anak-anak muda yang ingin menghasilkan produk dari kreativitas masing-masing.

Seoul adalah kota yang membebaskan semua orang berkreasi dan menemukan gaya tersendiri. Mulai dari tren mode, musik, film, dan yang selalu khas dengan Korea, apalagi kalau bukan seri drama televisi.

Di sisi lain, kota ini mendapat peringkat pertama dalam kategori stabilitas lingkungan, dengan mengerahkan riset-riset yang berfokus pada teknologi lingkungan hijau dan akses kepada bahan energi.

Salah satu contoh konkretnya, adalah Cheonggyecheon Restoration Project, yang membuat koridor ramah pejalan kaki dari jalan layang dan kanal air bawah tanah yang direstorasi. Seoul juga didukung dengan sarana air bersih dan sarana transportasi yang canggih, membuat anak muda dapat menikmati harinya.

9. Tokyo

tokyo kota anak muda hitsss
Via Unsplash.com

Tokyo, Jepang memiliki perekonomian yang stabil, sehingga menjadikannya salah satu tempat yang baik bagi anak muda untuk mengembangkan kariernya. Terutama bagi kamu yang tertarik untuk mengasah kebolehan di industri teknologi, Tokyo punya sarana dan prasarana yang tepat.

Tidak jauh dari Seoul, ibu kota Jepang ini juga sangat berkembang di bidang hiburannya. Terkenal dengan iklan-iklan televisi, konsep restoran, dan seni dalam bentuk-bentuk lainnya yang cenderung unik dan tidak lazim, menandakan bebasnya orang-orang dalam memuntahkan kreativitas gila masing-masing. Hal tersebut juga didukung dengan adanya berbagai macam museum serta pameran teknologi dan seni di Tokyo yang bisa kamu kunjungi setiap tahunnya.

Tokyo juga menyediakan banyak lahan pekerjaan yang bisa diambil oleh para anak muda. Selain itu, suasana kerja di Tokyo juga sangat baik dan upah minimum yang diberikan juga cukup tinggi, sehingga kehidupan pun terjamin di sana.

Baca halaman selanjutnya: Tuan rumah Silicon Valley…