Salah satu pemain ecommerce di Indonesia, Elevenia, yakin akan raih GMV Rp 3,5 triliun dengan inovasi teknologi.

Ecommerce produk dari PT XL Planet, gabungan antara PT XL Axiata, Tbk. dan SK Planet Co., Ltd, Elevenia.co.id, pada akhir bulan Januari 2016 lalu mengumumkan berbagai keberhasilan yang diperolehnya di tahun 2015. Transaksi senilai Rp 1,3 triliun berhasil dibungkus Elevenia di tahun keduanya tersebut.

“Melihat keberhasilan angka transaksi kami di tahun 2015, para investor kami kembali menambahkan investasi di awal tahun 2016 ini, dengan nilai 50 juta dolar Amerika Serikat. Total investasi di Elevenia saat ini adalah sekitar 110 juta dolar Amerika Serikat. Investasi tambahan ini merupakan bukti bahwa share holder kami memang sangat serius dalam menggarap pasar ecommerce Indonesia, melalui Elevenia,” ulas James Lee, CEO Elevenia.

James mengungkapkan, jumlah investasi di bulan Januari 2016 tersebut dialokasikan untuk aktivitas pemasaran, pengembangan platform, serta servis dan produk, agar dapat lebih maksimal dalam melayani konsumen dan juga para penjual. Tak hanya itu, investasi baru ini juga akan digunakan untuk mengembangkan sumber daya manusia, yang pada tahun ini, Elevenia akan memiliki sebuah kantor baru.

Di awal tahun ini, Elevenia telah memiliki rata-rata 20 ribu transaksi per hari, dengan ada lebih dari empat juta produk dan dua juta anggota terdaftar. Sebagai market innovator, keberadaan Elevenia turut berperan dalam membangun ekosistem dunia ecommerce di Indonesia. Ketika ditanya oleh Hitsss tentang apa kunci sukses elevenia di tahun lalu, James mengatakan bahwa elevenia tidak berhenti melakukan inovasi.

James Lee, CEO Elevenia. (Dok. Elevenia)
James Lee, CEO Elevenia. (Dok. Elevenia)

Inovasi dan target valuasi

Salah satu tantangan yang dihadapi Elevenia di tahun 2015 adalah peningkatan traffic, yang akan memberikan peluang bertambahnya konsumen. Kuncinya adalah dengan memberikan kenyamanan pada pengunjung situs Elevenia, yang tercatat mencapai angka 40 juta pengunjung hingga bulan Januari 2016 lalu. “Produk-produk berkualitas dan kenyamanan konsumen adalah kunci dari strategi kami,” tutur Lee, saat diwawancara oleh Hitsss.

Dua hal tersebut akan dioptimasi oleh Elevenia dengan melakukan berbagai inovasi pada platform yang menaungi lebih dari empat juta produk yang dihadirkan oleh 30 ribu penjual. Elevenia berfokus pada konversi situs dari desktop ke mobile web serta aplikasi mobile. Hal tersebut membuat transaksi belanja di Elevenia menjadi lebih mudah, terbukti bahwa traffic yang terjadi pada Elevenia 65 persen berasal dari mobile dan 35 persen dari desktop.

Elevenia juga baru saja meluncurkan Mokado, Mobile Kado, yakni kupon digital yang dapat dibeli untuk keperluan sendiri atau diberikan sebagai hadiah. Mobile Kado merupakan pengembangan dari kategori E-coupon & Service yang ada di Elevenia. Selain itu, Elevenia juga memberikan ruang kepada konsumen untuk mengungkapkan pengalaman mereka saat berbelanja di Elevenia. “Ketika mereka menulis dan membagikannya di media sosial, mereka akan memperoleh poin potongan harga saat belanja,” ulas James.

Siap memberikan jaminan produk dengan harga paling rendah dibandingkan dengan pemain ecommerce lainnya, James menyatakan bahwa tahun 2016 ini, dirinya optimistis bahwa Elevenia dapat memperoleh GMV hingga Rp 3,5 triliun. Dengan 20 ribu transaksi per harinya, optimisme tersebut akan segera terwujud. (KA)