Satu lagi startup bidang pendidikan muncul, bernama Quintal, sebuah platform untuk membantu orang tua, guru, dan murid, memproses nilai dan absensi secara lebih efisien.

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara. Namun fakta bahwa belum semua warga negara bisa mendapatkan akses pada pendidikan, adalah fakta yang tak dapat dipungkiri.

Tak hanya soal biaya pendidikan, masih banyak juga permasalahan lainnya, dari mulai fasilitas, manajemen, hingga mutu pendidikan. Namun alih-alih terus mengutuk permasalahan pendidikan Indonesia yang bak benang kusut, anak-anak muda Indonesia sebetulnya punya kesempatan untuk berkontribusi dalam solusinya.

Danny Saksono, lewat startup bidang pendidikan bernama Quintal yang didirikannya, adalah salah satu yang tergerak turut berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Inspirasi dari Quintal ini, rupanya berawal dari pengamatan Danny terhadap pendidikan di Singapura. Dalam pengamatannya, banyak siswa di sana hanya berbekal gadget atau laptop, karena semua mata pelajaran sudah disediakan oleh guru melalui sebuah aplikasi.

Quintal
Dok. Quintal

Update informasi untuk orang tua dan guru

Danny dibantu dua rekannya, Henry Fausta dan Pieter Jontera Lius, mereka bertiga membangun platform Quintal ini dalam bentuk portal akademik, dengan tujuan agar para guru, murid dan orang tua bisa mendapat update informasi secara terpusat, dan bisa mengetahui kemampuan anak didiknya secara cepat dan real time.

Fitur utama dalam Quintal adalah input nilai dan jadwal pendidikan, jadi para guru bisa meng-input nilai langsung dan menyusun jadwal ulangan. Tak hanya itu, input absensi pun bisa terlihat secara real-time.

Tujuannya, agar orang tua bisa langsung mengetahui perkembangan belajar anak mereka. Dan untuk para guru, mereka bisa lebih fokus memikirkan tugas dan materi belajar, dan murid pun bisa nyaman belajar dalam kelas.

Melalui Quintal, guru serta orang tua bisa memantau kehadiran anak di sekolah. Hal ini juga mengurangi kemungkinan anak bolos sekolah dan hal lain yang tidak diketahui.

Via Quintal/ hitsss.com
Dok. Quintal

Saat ini, pengguna Quintal dikabarkan telah mencapai sekitar 2000 pengguna, dan sudah digunakan di lima sekolah di Jakarta. Untuk ke depannya, Danny berencana akan mengembangkan produk Quintal dengan aplikasi mobile pada Januari 2017. (AP/DI)