Boleh dibilang belum banyak pemain situs ecommerce atau marketplace mode yang menyediakan layanan custom busana yang diinginkan konsumen. Fitinline, yang digawangi oleh perempuan asal Yogyakarta, Istofani Api Diany, menjadi salah satunya.

Tidak seperti kebanyakan situs ecommerce mode lainnya, Fitinline memiliki fitur-fitur yang berbeda, bukan sekadar jualan. Misalnya, di Fitinline dapat memesan busana sesuai desain sendiri, belanja kebutuhan merancang busana, hingga diisi dengan konten-konten mengenai industri tekstil dan mode. Konsumen diarahkan untuk melakukan pengukuran sendiri, sebab tidak disediakan jasa pengepasan.

“Saya melihat toko-toko online hanya menyediakan busana dengan ukuran standar (S/M/L/XL). Sedangkan banyak sekali yang merasa tidak puas dengan ukuran yang tidak akurat dengan tubuh mereka masing-masing,” ungkap Istofani kepada Hitsss, terkait cikal bakal dirintisnya Fitinline pada Mei 2012 silam. Lalu ia pun tergerak membuat situs untuk para konsumen yang ingin personalized busana mereka lewat jalur online.

Fitinline pun menyediakan lahan bagi para parancang busana pemula untuk menunjukkan dan menjual karya-karya mereka, serta para penyedia jasa layanan custom. Bagi yang ingin berbelanja material bahan baku clothing, terutama berbagai macam kain, Fitinline juga menyediakan banyak pilihan menarik.

Salah satu kendala sekaligus tantangan perempuan yang sempat menempuh studi Master of Business Administration SBM-ITB ini ialah kenekadannya saat mengawali Fitinline, tanpa bekal dan pengetahuan yang ia rasa cukup mengenai bisnis dan industri yang akan ia tekuni. “Harus belajar dari nol membuat saya banyak menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya. Padahal lebih ideal bila saya memulainya dengan memilih domain yang benar-benar saya kuasai, atau bekerjasama dengan para ahli yang sangat mengerti mengenai industri, bisnis, serta pasarnya,” ungkap Istofani.

Ia pun mengambil sisi positifnya, bahwa Fitinline menjadi terobosan baru di industri mode dengan segala fitur dan kontennya. Tak menyangkal, sebagai pemain baru di industri mode, ia harus memberikan edukasi tersendiri kepada masyarakat, bahwa online personalized clothing kini sangat mungkin dilakukan.

istofani Api Diany, Founder & CEO Fitinline.com. (Dok. Istofani)
istofani Api Diany, Founder & CEO Fitinline.com. (Dok. Istofani)

Telah berkecimpung di dunia IT selama 13 tahun, membuat Istofani yakin bahwa dunia digital tidak bisa lepas dari bisnis modern untuk menunjangnya, baik operasional maupun pemasaran. Istofani mengungkapkan, ia melihat kesempatan yang luas dengan dunia digital. “Ini sebuah bisnis baru yang dapat berkompetisi dengan sehat dan adil, serta mampu menembus batas-batas geografi untuk menjangkau pasar lebih luas,” tambahnya.

Selain menjadi platform online personalized clothing, Fitinline memberikan banyak informasi dan pengetahuan yang dikemas dalam bentuk video, e-book, pola siap pakai, artikel-artikel, hingga konsultasi gratis. “Kami mengajak para konsumen untuk belajar membuat pakaian dengan desain sendiri, semua yang mereka butuhkan untuk hal tersebut disediakan oleh Fitinline,” lanjut perempuan yang menginjak usia 39 tahun ini.

Hingga tahun 2015 ini, Istofani mengungkapkan ia telah membangun hubungan dengan konsumen dengan cukup baik. “Sekitar 36 persen total konsumen kami, kembali lagi ke Fitinline untuk memanfaatkan layanan kami. Sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap pelayanan Fitinline,” jelasnya. (KA)