Dalam membangun startup, sebuah tim solid akan menghasilkan karya yang baik dan sukses. Oleh karenanya, dibutuhkan anggota tim yang mengerti satu sama lain, dan menghindari hal-hal negatif yang bisa menghancurkan hubungan dalam kelompok. Meetup Startup Lokal Vol. 67 mengupasnya.

Dalam membentuk tim startup yang solid, selain butuh manajemen dan kepemimpinan yang baik dari pemimpinnya, sesungguhnya perlu kerja sama juga di antara setiap orang dalam tim tersebut.

Hal ini disebabkan, latar belakang anggota tim tersebut biasanya berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Bahkan tak jarang, mereka memiliki sifat dan karakter tertentu, yang bisa berdampak hal negatif pada anggota lain.

Terutama dalam proses mengembangkan startup, kerap terjadi semua orang berkontribusi ide dan saling memengaruhi. Di satu sisi ini melahirkan kreativitas, inovasi, dan kedinamisan tim kerja, namun di sisi lain, bisa juga menimbulkan konflik.

Kalau begitu, lalu bagaimana cara terbaik membangun tim solid, agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan? Hal inilah yang dibahas dalam Meetup Startup Vol. 67, yang digelar oleh komunitas Startup Lokal, di Jakarta Digital Valley, Kamis (21/7/2016) lalu.

Hadir Reno Rafly, CEO dan Founder Catalyst Global Consulting, sekaligus peneliti tentang human resources, yang membahas soal membangun dan menjaga tim agar senantiasa solid. Reno banyak menjelaskan makna dan tip untuk hubungan sesama anggota tim, agar bisa kompak dan langgeng.

Baca halaman selanjutnya: Pentingnya harmoni dalam teamwork…