Sebuah gerakan inisiatif, Kopi Keliling, yang mempunyai misi untuk memperkenalkan seni ilustrasi dan kopi lokal kepada masyarakat, kembali menggelar acara tahunan bertajuk Kopi Keliling Arts & Coffee Festival (KACF) 2015. Ini adalah acara gabungan dari beragam program yang dilakukan Kopi Keliling, selama satu tahun ke belakang.

Penggabungan tersebut menciptakan core value dari program akhir tahun ini, yaitu kolaborasi dan bekerja sama dengan beragam pihak. Acara yang berlangsung 28 dan 29 November 2015 ini diadakan di Kuningan City, Jakarta.

Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com
Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com
Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com
Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com

Mengusung tema “Diverse”, acara ini mengambil tiga area berbeda di tiga lantai Kuningan City. Acara ini jadi ajang pertemuan para pelaku seni, dan berbagai kalangan di industri kreatif dengan masyarakat umum. Selain itu, acara ini merupakan festival untuk merayakan keberagaman seni lokal di Indonesia.

“Festival ini diharapkan mampu menjadi ajang pertemuan seru antara beragam pelaku seni dan industri kreatif ke masyarakat luas,” ujar Patricia Wulandari, selaku pendiri Kopi Keliling.

Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com
Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com
Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com
Dok. Mardiah Chalisah Fathi / Hitsss.com

KACF 2015 banyak menggandeng pihak untuk memamerkan karya terbaik mereka, lewat beberapa program yang diadakan. Program yang ditawakan antara lain, Pameran Seni DIVERSE, Art & Creative Workshops, Catalyst Art Market, Caffeine City, Tabik! Music Performance, Bioskop Keliling, Main District, dan Puppet Show. Berikut detail acaranya:

Pameran seni “Diverse”

Dengan berkolaboarasi bersama tujuh kelompok seniman (ilustrator) dari tiga kota di Indonesia, Kopi keliling bereksperimen membentuk karya-karya instalasi. Setiap kelompok seniman memiliki anggota dengan latar belakang seni yang berbeda untuk menciptakan sebuah karya kolaborasi yang bisa dinikmati masyarakat. Masing-masing kelompok merespon setiap huruf dari kata ‘DIVERSE’ yang menjadi sub tema masing-masing, yaitu:

D (Do A Store): Pameran instalasi oleh Muchlis Fachri (Muklay) dan Saudara Jauh Initiative

I (Inclusion): Pameran instalasi oleh HEIMLO

V (Visit): Pameran instalasi oleh Rukmunal Hakim

E (Equal): Pameran instalasi oleh Octo Cornelius

R (Rumah): Pameran instalasi oleh Diela Maharanie, Prasajadi Heru Lastiko, dan Nady Azhry

S (Selebrasi): Pameran Instalasi oleh KAR Jewellery dan Atelir TE

E (Eksemplar): Pameran instalasi oleh Kopi Keliling dan Grafis Huru Hara yang berkolaborasi dengan 16 seniman atau ilustrator lokal

Catalyst Art Market

Kopi keliling berkolaborasi dengan Catalyst Arts menghadirkan program Catalyst Art Market. Ada puluhan seniman, ilustrator, dan merek kreatif lokal yang menyajikan beragam garya seni dan art merchandise. Beragam nama yang sudah tidak asing turut berpartisipasi di market yang diadakan kelima kalinya ini.

Art & Creative Workshops

Kopi keliling juga menghadirkan beragam workshop seru, mulai dari printmaking, kolase, shibori, leather works, marbling, kaligrafi, cat air, dan lainnya.

Caffeine City

Sesuai sama salah satu tujuannya yaitu memperkenalkan kopi lokal ke masyarakat luas, oleh karena itu Caffeine City dipersiapkan oleh Coffee on Wheels. Program ini menampilkan beragam jenis pelaku di industri kopi, mulai dari roaster, coffee shop, hingga toko ritel alat dan merchandise kopi.

Tabik! Music Performance

Satria Ramadhan Management (SRM) mengisi panggung musik dengan menyajikan band-band dalam acara bertajuk “Tabik! Volume 7”.

Puppet Show

Agar dapat dinikmati oleh semua usia, Kopi Keliling berkolaborasi dengan dua pakar yang spesifik mengadakan kegiatan anak-anak. Puppetaria dan Rabbit Hole Indonesia tidak hanya menghibur, tapi juga sangat mendidik.

Bioskop Keliling

Berkolaborasi dengan Bioskop Keliling, Kopi Keliling mengusung tema #PiknikPerayaanRaya, dengan menampilkan beragam film pendek dari beberapa berbagai genre dan jalan cerita.

Main District

Program ini ditujukan untuk para pencinta komik, mainan, board games, monsters dan superhero, di mana Kopi Keliling berkolaborasi dengan beragam komunitas komik dan toys di Indonesia. (MCF)

(MCF)