Hadirnya komunitas Coworking Indonesia, memberikan angin segar bagi para pelaku coworking space, untuk wadah saling berkumpul, berbagi ide, mengenalkan lebih luas konsep coworking space dan budaya kerja kolaborasi.

Tumbuhnya sejumlah coworking space di Indonesia, bisa dibilang bersamaan juga dengan berkembangnya profesi pekerja lepas (freelancer) dan startup. Seiring tingginya kebutuhan akan ruang kerja non-formal, yang bukan berupa kantor konvensional, menjadi alasan coworking space kemudian banyak hadir.

Manfaat coworking space sendiri bagi para freelancer dan startup adalah mereka tak perlu mengeluarkan dana besar untuk penggunaan kantor. Dan bukan alasan itu saja, bekerja di coworking space juga memberikan wadah untuk berinteraksi antar pengguna coworking space, untuk saling bertemu dan berkolaborasi antar tenaga kreatif dari berbagai bidang.

Untuk itu, para pemilik dan pegiat coworking space di Indonesia pun membentuk komunitas bernama Coworking Indonesia. Diresmikan pada Senin (15/8/2016) di Conclave, Jakarta Selatan, tujuan dari pembentukan komunitas ini adalah untuk merekatkan hubungan antar pemilik dan pegiat coworking space, sekaligus solusi mengenalkan coworking space secara lebih meluas di Indonesia.

Dok. Adiyasa/ Hitsss.com
Dok. Adiyasa Prahenda / Hitsss.com

Membudayakan budaya kerja kolaborasi

Terbentuknya komunitas Coworking Indonesia, berawal dari berkumpulnya pelaku coworking space pada konferensi “Coworking Uncoference” di Bali, Februari 2016 lalu.

“Kami membentuk Coworking Indonesia, agar pelaku coworking space di seluruh Indonesia bisa berkumpul dan berkontribusi ide mereka. Dengan cara itu, kita bisa berjejaring dengan dunia kreatif dan startup,” ujar Faye Alund, penggagas dan ketua Coworking Indonesia.

Dituturkan Faye, terbentuknya komunitas Coworking Indonesia juga bertujuan ingin membudayakan kerja ala coworking space, alias kolaborasi, terhadap anak muda saat ini. “Karena proses kognitif inovasi ada dalam DNA coworking space. Berinteraksi dengan orang yang memiliki ragam profesi, dan berbagi ide dengan mereka yang berpemikiran sama, dimungkinkan melalui coworking space,” ucap Faye.

Baca halaman selanjutnya: Merangkul coworking space seluruh Indonesia…