Ingin jadi wirausahawan, namun bingung harus memulai dari mana? Co-Founder dan CTO Tiket.com, Natali Ardianto, membagi kiat-kiat pentingnya untukmu.

Nama Natali Ardianto bukanlah nama baru di dunia bisnis startup Indonesia. Ia merupakan Co-Founder sekaligus Chief Technology Officer (CTO) dari Tiket.com, sebuah platform yang dapat digunakan untuk melakukan booking atau pemesanan secara online, mulai dari tiket kereta, kamar hotel, hingga tiket konser.

Dalam perjalanannya, Natali telah membawa Tiket.com menjadi sebuah usaha yang amat berkembang. Di tahun 2015 lalu, Tiket.com mengalami peningkatan sebanyak 300 persen, dengan jumlah transaksi pemesanan sebanyak tiga juta.

Berawal dari perusahaan kecil dengan jumlah karyawan yang sedikit, kini Tiket.com memiliki 150 karyawan yang andal di bidangnya masing-masing. Lalu apa sebenarnya yang menjadikan Tiket.com sedemikian sukses?

“Fokus di produk. Tak usah pusingkan masalah expand. Kuasai dulu pasar di Indonesia, masih banyak yang bisa digali,” ujarnya.

Salah satu yang menjadi perhatian Natali ialah kecilnya jumlah wirausahawan di Indonesia. Sebagai perbandingan, jumlah wirausahawan di Amerika Serikat ialah sekitar 11 persen dan Jepang ialah 10 persen. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Baca halaman selanjutnya: “Dari yang saya ketahui…”